Metode Pelaksanaan Konstruksi

6 Tahapan Metode Pelaksanaan Konstruksi yang Paling Tepat

Metode Pelaksanaan Konstruksi – Berdirinya sebuah bangunan tentunya tidak terjadi dengan begitu saja. Dibutuhkan proses panjang dan juga cukup rumit guna pembangunannya. Untuk itulah, tidak bisa sembarangan dalam proses pembangunan ini.

Mereka yang tergolong sudah ahli bisa dipastikan memiliki sistem kerja sendiri untuk membuat proses konstruksi menjadi jauh lebih lancar. Ternyata ada tahapan metode pelaksanannya supaya prosesnya menjadi jauh lebih lancar.

Bagi kamu yang masih awam tentunya tidak tahu menahu tentang hal ini. Padahal pengetahuan ini tergolong sangat penting untuk kamu yang masih awam dan ingin tahu. Tenang saja, berikut ini akan dijelaskan tahapan metode pelaksanaan konstruksi yang paling tepat.

6 Tahapan Metode Pelaksanaan Konstruksi

1. Proses Pekerjaan Pendahuluan

Tahapan metode pertama yang mesti dilakukan dalam proses pembangunan apapun adalah disebut sebagai proses pekerjaan pendahuluan. Dalam tahapan awal ini, pihak yang terkait mesti sudah mengurus dan menyelesaikan segala sesuatu yang berhubungan dengan surat perizinan.

Tanpa adanya surat perizinan ini maka bisa dipastikan proses pembangunan akan sulit untuk terlaksana. Apabila surat perizinan ini sudah selesai dilakukan, mulai melangkah ke proses selanjutnya.

Apa saja itu? Sebut saja seperti mulai menyusun jadwal pembangunan yang mendetail, pengaturan peralatan yang dibutuhkan hingga kesiapan para tenaga kerja. Semuanya mesti diatur dengan sedetail mungkin untuk hasil lebih maksimal.

2. Proses Pekerjaan Tanah

Apabila tahap pertama sudah selesai dilakukan maka dilanjutkan dengan proses pekerjaan tanah. Bisa dibilang, proses pekerjaan tanah adalah proses yang paling vital sekaligus yang paling penting.

Also Read :  5 Tips Tingkatkan Produktifitas dari Sebuah Perusahaan Konstruksi

Soalnya pada titik ini akan mulai dibangun pondasi yang merupakan bagian paling vital dari sebuah bangunan. Pada titik ini akan terus dilakukan hingga kemudian mencapai titik pelik yang biasa yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Lebih detailnya, pada proses ini akan meliputi seperti memastikan posisi galian, mulai melakukan penggalian tanah pondasi, memastikan dasar galian sudah solid hingga kemudian proses pengurungan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : 4 Peluang Usaha Modern Paling Menjanjikan di Tahun 2021

3. Proses Pekerjaan Pemasangan

Proses pekerjaan pemasangan juga adalah bagian penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Biasanya ketika sudah memasuki tahapan ini maka sudah dimulai dengan pemasangan beton pada bangunan yang ingin dibangun.

Mengingatnya pemasangan beton ini, jadi kualitas beton yang digunakan juga mesti diperhatikan baik-baik. Kualitas beton yang baik akan terdiri dari Portland cement, air tawar, kerikil, kayu hingga besi beton. Jadi penting sekali untuk memastikan terlebih dulu kalau beton tersebut memang kualitas terbaik.

4. Proses Pekerjaan Lantai

Lantai atau juga seringkali disebut founding dalam proses pembangunan. Namun pemasangan lantai ini sendiri juga mesti menuruti aturan dari perintah dari pihak yang berkait.

Soalnya setiap pihak biasanya memiliki keinginan berbeda-beda terhadap lantai tersebut. Mulai dari jenis lantai, bentuknya hingga gelombang yang dimiliki.

5. Proses Pekerjaan Instalasi Listrik

Penerangan pada sebuah bangunan memegang titik penting untuk kenyamanan setiap penghuninya. Tentunya proses pemasangan instalasi listrik ini tidak boleh sembarangan.

Soalnya berhubungan langsung dengan keselamatan banyak orang. Jadi proses pekerjaan maupun pemasangan instalasi listrik ini mesti sesuai dengan peraturan listrik yang ada di Indonesia.

6. Pekerjaan Penutup

Sedangkan tahap terakhirnya adalah melakukan pembersihan sekaligus pemeliharaan. Tanpa adanya pembersihan jelas saja proses pembangunan menjadi tidak sempurna. Selain itu mesti diakhiri dengan pemeliharaan atau perawatan agar bangunan tetap bisa bertahan dalam waktu lama.

Also Read :  4 Tips Memilih Jasa Konstruksi Terbaik Supaya Tidak Kecewa

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih paham tentang tahapan metode pelaksanaan konstruksi yang paling tepat. Jadi kamu tidak perlu bingung tentang langkah-langkah dari dibangunnya sebuah bangunan.

Penutup artikel 6 Tahapan Metode Pelaksanaan Konstruksi

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda ya, share artikel ini juga ke Google ya terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *